Jumat, 23 November 2012

proposal usaha cupcake


PROPOSAL
USAHA CUPCAKE
(Diajukan sebagai tugas mata kuliah manajemen proyek dan manajemen resiko)








Penyusun :
DWIKY PRADIBYO WIBOWO (42111279)




UNIVERSITAS GUNADARMA



KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Tuhan YME. Diantara sekian banyak nikmat Tuhan YME ,sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas Management Proyek  ini dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah kewirausahaan.
Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.











Sukabumi, 11 Juli 2013


Penyusun




 BAB I
PENDAHULUAN

1.1            Konsep Bisnis
             1.1.1.Selera
Faktor utama yang menentukan kesuksesan dari usaha kuliner adalah citarasa makanannya. "Sesuaikan citarasa makanan dengan target pasar yang dituju. Lakukan survei pasar untuk menemukan apa yang diinginkan masyarakat,".
             1.1.2.LifeStyle
Makanan sekarang ini bukan hanya sebagai pemuas rasa lapar, tetapi juga sebagai bagian dari gaya hidup. "Jakarta merupakan salah satu kota yang menjadikan makanan sebagai bagian dari gaya hidup keseharian mereka,". Jika pandai melihat peluang yang ada, dan menggabungkannya dengan jenis makanan yang menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, maka produk usaha Anda berpeluang untuk disukai banyak orang. 
              1.1.3.DayaBeli                
Sebelum menentukan produk yang akan dijual, lihat dulu lokasi yang menjadi tujuan usaha Anda, dan lingkungan sekelilingnya.
Saya mengungkapkan, pemantauan kawasan sekeliling lokasi tujuan akan menentukan produk apa yang paling tepat untuk dijual. Observasi akan menentukan produk jualan berdasarkan daya beli masyarakat. Jika produk yang dijual terlalu mahal, sedangkan daya beli masyarakat rendah, maka bisnis tidak akan berjalan lancar.
              1.1.4.Rencanaproduksi 
Konsep rencana produksi juga harus dipikirkan lebih lanjut. Perhatikan dengan teliti dari sumber bahan baku, alur produksi, harga produksi, peralatan, kualitas, keunggulan produk, sampai kemasan produk yang akan dijual.



1.2 Fitur Finansial
Dalam aspek finansial ini akan disajikan informasi tentang biaya investasi, modal kerja, cash flow dan biaya operasional yang terdiri dari fixed cost dan variable cost. Sebelum menyusun analisis kelayakan finansial maka perlu dibuat ihktisar biaya investasi.
Cashflow merupakan aliran kas dari suatu usaha yang terdiri dari penerimaan usaha (inflow) dan pengeluaran usaha (outflow). Aliran kas disusun untuk menunjukan perubahan kas selama satu periode tertentu serta memberikan alasan mengenai perubahan kas tersebut dengan menunjukkan dari mana sumber-sumber kas dan penggunaan-penggunaannya.






















BAB II
2.1  Deskripsi Umum Perusahaan 
2.1.1  Nama dan Alamat Perusahaan
       Nama perusahaan       :  CupCake Sport
      Alamat perusahaan       :  Jl. Veteran, No. 66 Sukabumi – Jawa Barat
      No. Telp                           :  (021)214913

2.1.2  Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik           
:
Dwiky Pradibyo Wibowo
Alamat pemilik
:
Kp. Mangkalaya RT/01 RW/04, Desa. Mangkalaya Cisaat - Sukabumi`
No. Telp
083818091300

2.1.3.  Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama
:
Iyan Sofi Ansori
Alamat
:
Kp. Cibatu RT/01 RW/05, Desa Cibatu, Cisaat- Sukabumi
No. Telp
:
087788113766

2.1.4.  Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Dalam perusahaan ini bergerak di bidang perdagangan  yang menjual brmacam-macam model cupcake dengan motif club-club olahraga sepak bola dengan selera masyarakat Sukabumi, khususnya untuk kaum remaja.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
 
BAB III
RANGKUMAN EKSEKUTIF
3.1.   Latar Belakang
Setiap orang pasti ingin menjadi Bos di bisnis atau usaha-nya sendiri. Hanya orang-orang yang berpikiran sempit-lah yang seumur hidup ingin menjadi orang gajian.
Banyak sekali jalan menuju kesuksesan, salah satu diantaranya dengan membuat sebuah cikal-bakal bisnis yang diharapkan mampu mengembangkan daya kreativitas dan inovasi. Hal ini sangat membutuhkan keberanian yang luar biasa. Hanya orang bernyali besar-lah yang mampu meng-gelontorkan sejumlah dana demi sebuah harapan yang belum pasti.
Bisnis adalah sebuah pembelajaran, dimana dibutuhkan analisa yang sangat dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usaha itu. Oleh karena itu, bisnis itu harus dimulai sejak dini sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut.
Peluang usaha di depan mata, tidak ada salahnya kalau kita memulai sekarang. Inilah yang melatar belakangi berdirinya sebuah Toko Kue bernama CupCake Sport.
Akhir-akhir ini sering kali kita lihat pada media televisi, koran, serta internet banyak sekali pemberitaan mengenai sepakbola terutama pada Liga Champions yang diikuti oleh berbagai club-club sepak bola terbaik didunia yang sedang digilain oleh sebagian masyarakat luas, maka dari itu kami terinspirasi untuk membuat Toko Kue bernama CupCake sport .


3.2.   Visi dan Misi
Visi     : Untuk memberikan style baru produk cupcake untuk memuaskan para konsumen.
Misi     : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
3.3.   Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan suatu tempat yang strategis di Komplek Ruko Cisaat karena terdapat banyak sekolah dimulai dari SD,SMP,SMA, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama perumahan yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.

3.4.   Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha toko ini yakni 1 ruangan berukuran 12x 6m.
3.5.   Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha ini dibuka dari pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 21.00.
3.6.   Target Pelanggan
Target pelanggan CupCake Sport ini adalah : untuk semua usia khusus bagi siswa dan siswa. Mereka adalah konsumen CupCake yang memiliki ciri khas tertentu. Selain menentukan lokasinya kita harus menentukan dekorasi atau penampilan toko tersebut. 
Usaha cupcakes ini cukup menjanjikan, karena masih sedikitnya pesaing cupcakes di kota Sukabumi. Selain harganya yang terjangkau, model cupcakes ini sangatlah beragam. Usaha Segmen pasar yang dipilih dalam usaha ini adalah masyarakat menengah ke bawah maupun atas. Produk cupcakes disesuaikan dengan target pasarnya, oleh karena itu harga produk dapat terjangkau.


BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1.   Produk yang dihasilkan
Dalam sehari penjualan cupcake ini menghabiskan sampai 15 box kue dengan 6 pcs cupcake dalam 1 boxnya, telah termasuk garmis yang akan dipakai untuk setiap CupCakenya
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
o   Bahan baku kue berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen dengan harga yang murah,
o   Bermacam-macam bentuk kue dengan style yang uptodate
o   Tahan lama menggunakan bahan pengawet alami

4.2.   Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha Toko Kue “Cupcake Sport” ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap kemajuan perusahaan kami, maka dari itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Toko kue “Cupcake Sport”  terletak di Jl. Veteran, No. 66 Sukabumi – Jawa Barat. Toko ini  sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar.


4.3.   Personalia dan Perlengkapan Kantor
­   Pemilik                         :     Dwiky Pradibyo Wibowo
­   Penanggung Jawab :     Iyan Sofi Ansori
­   Sekretaris                    :     Syauqi Albi
­   Bendahara                  :     Martin Cipta Yogi Manurung




­    BAB V
RENCANA PRODUKSI
5.1.   Proses Produksi
Proses produksi yang kami jalankan dalam perusahaan CupCake Sport ini dapat dilihat pada bagan berikut :
1.Panaskan oven pada suhu 180ยบ C,
2.Kocok mentega, gula, garam hingga mengembang dan pucat, kemudia masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang,
3.Masukkan  tepung  terigu  dan  coklat  bubuk  secara  bergantian,  sambil diaduk hingga rata,
4.Tuang ke dalam loyang cupcakes dan panggang hingga matang selama 30 menit,
5.Angkat kemudian dinginkan.
6.Desain lapisan atas Cupcake dengan model bertipe sport atau olah raga mencakup logo club dan atribut-atribut lain sepak bola yang anda sukai.

5.2.   Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku kue, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas kue dengan tekstur dan model kue yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.

5.3.  Trend Perkembangan Pasar
Saat ini pertumbuhan ekonomi sangatlah berdampak pada hasil penjual barang maupun jasa yang ditawarkan. Apabila pertumbuhan ekonomi suatu Negara sedang membaik maka permintaan akan barang/ jasa masyarakat terhadap barang dan jasa akan lebih tinggi.
Ini berarti trend penjualan akan membaik pula maka suatu bisnis ataupun perusahaan yang menjual barang/ jasa penerimaannya akan lebih tinggi. Apabila dibandingkan ketika ekonomi Indonesia terkena krisis, maka daya beli masyarakat menjadi menurun, trend penjualan akan menurun akibatnya suatu bisnis atau perusahaan banyak yang mengalami kebangkrutan

5.4 Keunggulan Produk
a. Serbaguna.
Cupcakes memiliki berbagai keistimewaan dibandingkan kue pernikahan konservatif, karena dapat disajikan dengan berbagai rasa. Tidak hanya satu rasa yang biasa terdapat di banyak kue pernikahan. Dengan menggunakan cupcakes berbagai rasa yang berbeda dengan desain sport yang bermacam-macam, maka para tamu dapat menemukan rasa yang mereka kehendaki. Cupcakes sangat praktis, karena tidak perlu memotong-motong kue lagi. Sedangkan sebagai suvenir, cukup dikemas dalam wadah kotak atau plastik mika. Pasangan pengantin yang memilih cupcakes sebagai kue pengantin mereka pun tetap dapat mengadakan upacara pemotongan kue. Mintalah pembuat kue untuk membuatkan kue berukuran kecil, untuk diletakkan di bagian atas. Kue berukuran kecil inilah yang akan digunakan pada acara pemotongan kue.
b. Laris.
Sebagian besar masyarakat sering mengkonsumsi cupcakes. Cupcakes layaknya kue-kue yang acap kali ditemukan di bakery-bakery tiap daerah. Cupcakes dapat disajikan sebagai oleh-oleh dan acara seperti pesta, yang sangat praktis dan tidak merepotkan. Oleh karena itu cupcakes sangat digemari penikmatnya.
c. Trendi.
Sekarang ini cupcakes ada di mana–mana, terlihat dari beberapa contoh cupcakes di sejumlah media. penataannya cukup banyak pilihan dan tampil memukau. Apalagi ketika ditumpuk bersama-sama pada setiap lapisan tempat cupcakes, maka tampilan cupcakes akan sangat mengesankan.



d. Mudah dibuat.
Bagi baker atau pembuat kue yang berpengalaman, maka cupcakes dapat dibuat beberapa minggu sebelumnya dan dibekukan di tempat kedap udara. Namun demikian, dekorasi untuk menghiasi cupcakes relatif rumit karena dikerjakan satu persatu dan biasanya dibuat dalam jumlah relatif banyak. Apalagi bila pesta dihadiri oleh banyak tamu, dan cupcakes akan menjadi bagian dari jamuan untuk para undangan.
BAB VI
PERENCANAAN PERMODALAN
6.1.   Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Cupcake Sport yaitu dari pemilik toko kue sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan home industri.

6.2.   Neraca Permulaan Perusahaan
a)      Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1.      Modal Awal produksi
                Bahan Baku                                                                         Rp.   2.138.000,-                                                                                
Renovasi Awal & Desain Interior
Rp.   2.000.000,-
Kitchen Set
Rp.   1.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal
Rp.      500.000,-
Biaya gaji karyawan bulan pertama
Rp.   1.800.000,-  +
Jumlah Modal Produksi
Rp.   7.438.000,-

2.      Biaya lain-lain
         Listrik /1 bulan                                        Rp.        75.000,-
         Asuransi                                                  Rp.   2.000.000,-
         Transportasi                                            Rp.      100.000,-
         Pajak                                                        Rp.        50.000,-
         Pemeliharaan toko dan peralatan    Rp.      300.000,-  +
Jumlah biaya lain-lain                                Rp.
  2.525.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi                              Rp.      7.438.000,-
Jumlah biaya lain-lain                                       Rp.      2.525.000,-    +
Total                                                              Rp.      9.963.000,-







Perincian modal bahan baku



 


























Tabel 6.2.1


6.3.   Proyeksi Aliran Kas
Pada usaha kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk toko kami ini, akan mampu menjual sekitar 5400 box pertahun, sehingga jika diambil keuntungan kotor pertahun adalah sekitar Rp.162.000.000,-  pertahun dan keuntungan kotor perbulan yaitu Rp. 13.500.000,- .Keuntungan bersih dari hasil keuntungan kotor diatas adalah 162.000.000 – (162.000.000 * 30 %) = 162.000.000 – 48.600.000 =  113.400.000, jadi keuntungan bersih yang akan didapat yaitu Rp 113.400.000,- pertahun.
Jika dalam penjualan cupcake per pcs Rp 5000,- maka dalam penjualan 1 box cupcake yang berisi 6 pcs Rp 30.000,- dengan 15 box yang terjual kepada konsumen perhari maka  kami mendapatkan Rp 450.000,- dan Rp 9.450.000,- perbulannya.
Apabila pendapatan dari usaha cupcake sport ini stabil maka dalam 2 atau 3 bulan modal akan kembali.

6.4.   Proyeksi Penjualan
Tahun
Jumlah Penjualan
Harga per box cupcakes
Proyeksi Penjualan
2012
5400 box
Rp. 30.000
Rp.162.000.000
2013
5670 box
Rp. 30.000
Rp.170.100.000
2014
5940 box
Rp. 30.000
Rp.178.200.000
2015
6210 box
Rp. 30.000
Rp.186.300.000
2016
6480 box
Rp. 30.000
Rp.194.400.000
Tabel 6.4.1   

Proyeksi Penjualan cupcakes keuntungan diperkirakan naik 5 % per tahun.
  Keterangan : 1 box cupcake sport berisi 6 pcs kue cupcake sport dengan harga per pcs Rp. 5.000 .

Biaya tetap :
             Biaya gaji pertama karyawan              Rp.   1.800.000,-                                                                                
      Bahan Baku                                           Rp.   2.138.000,-                                                                                
      Listrik /1 bulan                                        Rp.        75.000,-
            Asuransi                                      Rp.   2.000.000,-
            Transportasi                                            Rp.      100.000,-
            Pajak                                                        Rp.        50.000,-
            Pemeliharaan toko dan peralatan      Rp.       300.000,-  +
Jumlah biaya lain-lain                                Rp.
  6.463.000,-







6.5.   Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI
JUMLAH (RP)
1.   Penyusutan gedung dan peralatan
      Rp      100.000,-
2.   Gaji pegawai
      Rp.  1.800.000,-
Jumlah
Rp.   1.900.000,-
Biaya variable/ produksi
Bahan Baku
       Rp. 2.138.000,-
Kitchen Set                   
       Rp. 1.000.000,-
Jumlah
       Rp. 3.138.000,-
Biaya-biaya lain
1.  Listrik                                                
2.  Asuransi                                          
3.  Transportasi            
5.  Pajak             
      Rp.       75.000,-
Rp.   2.000.000,-
Rp.      100.000,-
Rp.        50.000,-
Total Modal produksi
Rp.   2.225.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN)
Rp.   7.263.000,-
Pendapatan
Penjualan kue cupcake sport
     Rp  13.500.000,-
TOTAL PENDAPATAN
     Rp  13.500.000,-
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran


Rp. 13.500.000,-
   Rp.  7.263.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH
Rp. 6.237.000,-




6.6  ANALISIS BEP(BREAK EVEN POINT)

Rumus berdasar nilai
          FC
  BEP = --------------
           1 - VC
                P

·         FC : Biaya Tetap
·         P : Harga jual per unit
·         VC : Biaya Variabel per unit
Penyelesaian :
BEP = 6.463.000   
        1-(30.000/5000)
        = 6.463.000/ (1-6)
       =6.463.000/5
       =1.292.600










BAB VII
PENUTUP
Sebuah inovasi yang hebat tidak pernah lepas dari ide sederhana yang kreatif. Walaupun cupcake sport tersebuti terkesan sederhana , namun jika dipadukan dengan pola pikir yang kreatif dan inovatif , maka tidaklah mustahil jika rangkaian ini bisa menjadi sebuah solusi besar yang sangat membantu kita dalam melakukan usaha berbisnis kue dengan keuntungan yang besar.


5 komentar:

  1. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti listrik,tiket pesawat, tiket ka ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance, dll secara mudah, murah namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘rp.100.000,’
    Hubungi info lengkap: www.fastpaynasional.com
    Hp:081334560101

    BalasHapus
  2. kalo untuk bidang jasa gimana nentuin BEP nya

    BalasHapus
  3. ‘PELUANG USAHA MODAL SANGAT KECIL’
    Bagi agan-agan yang ingin membuka usaha
    Tapi bingung ingin membuka usaha apa dan hanya mempunyai modal kecil??
    Tak usah bingung,silahkan buka usaha pembayaran online
    “ppob /online nasional”
    Satu deposit bisa melakukan transaksi berikut:
    Seperti Pembayaran listrik,tiket pesawat, tiket KAI ,pln,pdam, telepon, speedy, kartu kredit, tv kabel, pulsa, kredit multifinance,voucher game, dll secara mudah, murah, namun tetap dengan dukungan teknologi yang handal dan sistem bisnis yang fleksibel dan menguntungkan.
    Hanya bermodal ‘Rp.100.000,’
    info lengkap Kunjungi : www.fastpay-nasional.com
    Hp:081335640101

    BalasHapus